Wednesday, August 17, 2011

PUASA MAMPU MENYIBAK HAL NGGAK PENTING


Tahukah hal yang nggak penting itu? Jawabnya apa saja yang tidak ada gunanya baik dalam berfikir, berkata maupun berbuat. Setiap yang dipikirkan, dikatakan dan diperbuat mestinya mengisi lembaran indah waktu hidup seseorang. Siapa yang dapat menggunakan waktu untuk berfikir, berkata, dan berbuat yang bermanfaat dia telah menggenggam dunia dan Insya Allah selamat di akherat.

Bulan puasa tahun ini mestinya memberikan bekal untuk dapat menyongsong hidup yang akan datang adalah hidup yang lebih bermanfaat, sebab orang yang telah berhasil puasanya mampu menyibak hal-hal yang nggak penting.

Modal utama seseorang adalah waktu-waktu yang ia genggam. Ketika seseorang memakainya untuk hal yang nggak penting dan nggak berguna maka seseorang itu telah menyia-nyiakan modalnya. Rasulullah Saw. bersabda : "Bagian dari baiknya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan apa yang tidak berguna baginya. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dari Abu Dzar, "Rasulullah Saw. berkata kepadaku, "Maukah engkau aku ajarkan satu perbuatan ringan bagi anggota badan, namun berat dalam timbangan(amal akherat)?. Jawabku, ' Tentu saja, wahai Rasulullah!' Beliau kemudian berkata, yaitu diam, berbudi pekerti yang baik dan meninggalkan sesuatu yang tidak berguna bagimu! (HR Abi Dunya).

Jangan bicara sesuatu yang tidak berguna bagimu, sesungguhnya itu berlebihan dan bisa jadi akan menyebabkan dosa. Jangan berbicara sesuatu yang berguna bagimu sampai engkau menemukan tempat yang tepat. Banyak orang berbicara tentang sesuatu yang berguna baginya, namun tidak pada tempatnya sehingga menyulitkannya. (Ibnu Abbas).

Banyak ha-hal yang nggak penting telah mengisi hidup dan kehidupan Jaman Gelombang Informasi. Menyia-nyiakan waktu berdzikir kepada Allah Swt telah mengisi amalan sehari-hari sehingga seorang secara tidak sadar menuai kerugian amat besar lagi nyata. Untuk itu pastikan bahwa hikmah kewajiban seorang muslim berpuasa itu dapat menyibak hal yang nggak penting, sebab boleh jadi kematian akan menjemput sehingga tak ada lagi hari esok
.

No comments: